Nuon Digital Indonesia Dorong Kebangkitan Industri Permainan Lokal Melalui Acara Main Bareng

Nuon Digital dukung Industri Permainan Lokal
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan CEO Nuon Aris Sudewo dalam acara Main Bareng (MaBar) permainan lokal yang berlangsung pada Senin (7/10).

Jakarta – PT Nuon Digital Indonesia (Nuon), anak perusahaan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, semakin mempertegas perannya dalam mendukung kemajuan industri kreatif nasional, khususnya sektor permainan lokal. Hal ini ditunjukkan melalui penyelenggaraan acara Main Bareng (MaBar) permainan lokal yang diadakan setelah mengikuti Rapat Koordinasi Implementasi Perpres 19/2024 di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, pada 7 Oktober lalu.

Acara ini merupakan bagian dari kampanye bertajuk Ayo HARGAI yang membawa pesan kebanggaan akan permainan lokal dengan tema “Bangga Main Gim Lokal.” Kegiatan ini mendapat perhatian besar dari berbagai kalangan, termasuk pejabat pemerintah, asosiasi, kepala daerah, serta para pelaku industri. Nuon ingin menunjukkan bahwa permainan lokal Indonesia punya potensi besar, meskipun saat ini masih kalah bersaing dengan produk luar negeri.

Dalam sambutannya, CEO Nuon, Aris Sudewo, menyoroti kondisi pasar permainan lokal yang masih sangat didominasi oleh gim impor. “Permainan lokal hanya menguasai 0,5% dari pasar dalam negeri, sementara 99,5% sisanya adalah permainan dari luar negeri. Ini adalah kesenjangan yang sangat besar,” kata Aris. “Kami di Nuon yakin Indonesia memiliki potensi besar dalam industri permainan, dan melalui acara ini, kami ingin membangkitkan rasa bangga terhadap produk anak bangsa serta memperkuat fondasi industri permainan nasional.”

Aris juga menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah dan industri untuk menciptakan perubahan yang signifikan di pasar. Acara MaBar ini menjadi ajang penting untuk menunjukkan kualitas permainan lokal. Para menteri dan pejabat pemerintah turut merasakan langsung serunya gim lokal seperti Paw Rumble dan DreadHaunt yang dipublikasikan oleh Nuon. Harapannya, ini akan memicu diskusi strategis tentang bagaimana pemerintah dapat lebih mendukung perkembangan industri kreatif, terutama di sektor permainan.

Lebih dari sekadar hiburan, industri permainan dianggap sebagai sektor yang dapat memperkuat perekonomian kreatif Indonesia. Aris menekankan bahwa permainan lokal memiliki peluang besar untuk menjadi pilar penting dalam pertumbuhan ekonomi nasional. “Industri permainan bukan hanya soal hiburan, tetapi juga tentang kontribusi nyata terhadap ekonomi kreatif. Ini bisa menjadi salah satu sumber utama pertumbuhan ekonomi nasional di masa depan,” jelas Aris.

Sektor permainan lokal di Indonesia memang masih menghadapi berbagai tantangan, namun dengan dukungan pemerintah dan industri, ada harapan besar untuk perkembangan yang lebih signifikan di masa mendatang. MaBar permainan lokal ini bukan sekadar ajang bermain bersama, tetapi menjadi simbol upaya bersama untuk memajukan industri permainan Indonesia di tengah ketatnya persaingan global.

Peluncuran Platform Game Asset Nusantara (GANA)

Selain mempromosikan permainan lokal, Nuon bersama dengan Asosiasi Game Indonesia (AGI) dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) juga memperkenalkan platform baru bernama Game Asset Nusantara (GANA). Platform ini menyediakan berbagai aset digital, mulai dari karakter 3D hingga efek visual, yang dapat digunakan oleh para pengembang permainan dan kreator konten untuk mempercepat proses pengembangan.

GANA juga berperan sebagai marketplace yang memungkinkan kreator menjual dan mendistribusikan aset digital mereka secara komersial. Ini dianggap sebagai terobosan penting dalam mendukung ekosistem ekonomi digital yang inklusif dan berkelanjutan di Indonesia. Para pengembang gim dan kreator lokal kini bisa mengakses GANA melalui laman resmi mereka di https://gana.nuon.digital.

Dengan GANA, Nuon berharap talenta-talenta lokal dapat lebih mudah bersaing di pasar global, membuka peluang bagi kreator dan pengembang untuk terus berinovasi dan mengembangkan produk mereka. “Ini adalah langkah besar untuk mempermudah pengembang lokal, karena mereka tidak lagi harus membuat semuanya dari awal,” ujar Aris.

Nuon terus berkomitmen untuk memperkuat kolaborasi antara pemerintah, asosiasi, dan pelaku industri demi memajukan permainan lokal di pasar domestik dan internasional. Aris menyampaikan keyakinannya bahwa dengan potensi besar yang dimiliki Indonesia, permainan lokal dapat menjadi kebanggaan di tingkat global. “Dengan talenta yang ada, sudah saatnya permainan lokal Indonesia bersinar di panggung dunia,” tutupnya.

Bagi para pecinta gim, Paw Rumble dan DreadHaunt sudah bisa diunduh melalui tautan resmi. Ikuti informasi lebih lanjut seputar permainan lokal ini melalui akun Instagram @nuondigitalindonesia.

Acara MaBar yang diselenggarakan oleh Nuon Digital Indonesia bukan hanya sekadar ajang untuk mempromosikan permainan lokal, tetapi juga menjadi simbol kolaborasi strategis antara pemerintah dan industri. Dengan peluncuran platform inovatif seperti GANA, Nuon ingin memastikan bahwa ekosistem permainan di Indonesia terus berkembang, memungkinkan pengembang dan kreator lokal bersaing di pasar global. Melalui komitmen kuat ini, Nuon berharap industri permainan lokal tidak hanya bertahan, tetapi juga tumbuh menjadi salah satu sektor unggulan dalam ekonomi kreatif Indonesia.

Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan Update Terbaru Langsung! OK No thanks