Jakarta – Di tengah gemerlap Ibu Kota Jakarta, masalah ketimpangan sosial masih menjadi tantangan besar. Perbedaan mencolok antara kawasan elit dengan fasilitas lengkap dan daerah padat penduduk yang minim akses air bersih, pendidikan, serta layanan kesehatan menjadi realita sehari-hari. Menanggapi persoalan ini, TelkomMetra, anak usaha PT Telkom Indonesia, bersama AdMedika dan TelkoMedika menggelar inisiatif bertajuk “Sparks of Hope: Second Life Initiative” di Sekolah Kolong, Papanggo, Tanjung Priok.
Program ini dirancang untuk membantu anak-anak berusia 4-16 tahun yang hidup dalam keterbatasan, memberikan edukasi kesehatan, dan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya hidup bersih dan sehat. Melalui inisiatif ini, TelkomMetra Group juga ingin memperkuat semangat gotong royong dan tanggung jawab sosial di kalangan karyawan serta masyarakat luas.
Komitmen Sosial Melalui Barang Bekas Layak Pakai
Persiapan kegiatan ini dimulai dengan pengumpulan barang bekas layak pakai oleh karyawan TelkomMetra Group, yang berlangsung dari 18 hingga 25 Oktober 2024. Barang-barang yang berhasil dikumpulkan kemudian disalurkan kepada anak-anak di Sekolah Kolong pada puncak acara tanggal 6 November 2024.
Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah pimpinan senior dari TelkomMetra, AdMedika, dan TelkoMedika, termasuk Rahadian Yamani, PGS AVP Corporate Secretary & Communications TelkomMetra, dan Ahmad Faishol, GM Corporate Office & Digital TelkoMedika. Dalam sambutannya, Rahadian Yamani menegaskan pentingnya kolaborasi dalam menciptakan dampak positif.
“Kegiatan ini merupakan bukti nyata dari komitmen kami dalam mendukung komunitas kurang beruntung. Kami berharap inisiatif ini tidak hanya membantu anak-anak, tetapi juga menginspirasi lebih banyak pihak untuk berperan dalam tanggung jawab sosial,” ujarnya.
Mengajarkan Hidup Bersih dan Sehat Sejak Dini
Puncak acara diramaikan dengan berbagai kegiatan edukatif dan interaktif. Anak-anak mengikuti Mini Health Talk tentang pola hidup bersih dan sehat (PHBS) yang dibawakan oleh dokter dari TelkoMedika. Melalui diskusi ringan dan permainan interaktif, anak-anak diajak memahami pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan.
Selain edukasi, anak-anak mendapatkan pengecekan kesehatan, pengobatan gratis, serta vitamin. Sebagai pelengkap, AdMedika membagikan goodie bag berisi produk kebersihan dan makanan bergizi. Dukungan ini bertujuan membantu anak-anak tumbuh sehat dan lebih percaya diri.
“Kami percaya bahwa membangun kebiasaan hidup sehat sejak dini adalah fondasi penting untuk masa depan mereka. Melalui kegiatan ini, kami ingin anak-anak memahami bahwa mereka tidak sendiri. Mereka didukung oleh masyarakat dan lingkungan sekitar,” ungkap Topan Susanto, PGS GM Human Capital AdMedika.
Membangun Masa Depan Lebih Cerah
Melalui inisiatif “Sparks of Hope: Second Life Initiative”, TelkomMetra, AdMedika, dan TelkoMedika berkomitmen menciptakan perubahan positif berkelanjutan. Inisiatif ini juga menjadi bagian dari program ESG Telkom, “GoZero”, yang mengusung prinsip keberlanjutan sosial dan lingkungan.
Dengan menanamkan nilai-nilai hidup sehat dan kebersihan sejak dini, perusahaan berharap anak-anak di Sekolah Kolong dapat tumbuh menjadi generasi yang optimis, sehat, dan siap menghadapi masa depan. Lebih dari itu, kegiatan ini diharapkan menginspirasi berbagai pihak untuk ikut terlibat dalam menciptakan kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat yang membutuhkan.
Semangat kebersamaan dan solidaritas inilah yang menjadi inti dari upaya ini. “Kami ingin inisiatif ini menjadi awal dari perjalanan panjang menuju masyarakat yang lebih inklusif dan sejahtera,” tutup Rahadian Yamani.
Melalui program ini, TelkomMetra Group membuktikan bahwa langkah kecil, seperti edukasi kesehatan dan berbagi barang layak pakai, bisa memberikan dampak besar dalam mengubah kehidupan anak-anak di wilayah kurang beruntung. Dengan kolaborasi dan semangat gotong royong, masa depan yang lebih cerah menjadi visi yang nyata untuk diwujudkan.
Ahmad, seorang ikonik yang sangat menyukai industri Game dan Kendaraan Listrik, bercita-cita ingin menjadi pakar teknologi untuk platform Android, iOS, dan Windows. Bermula dari ketertarikannya pada game sejak kecil, ia mendedikasikan dirinya untuk memahami dan mengembangkan teknologi game. Kecintaannya pada game bukan hanya terbatas pada aspek teknis, tetapi juga dalam mengulas gameplay, yang ia lakukan dengan penuh gairah dan ketelitian.