Jakarta, 21 November 2023 – Dalam rangka mendorong implementasi ESG (Environmental, Social, dan Governance), PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) mengumumkan penyelenggaraan kompetisi sociopreneurship tahunan, Innovillage, yang ditujukan kepada mahasiswa di seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Kompetisi ini merupakan bagian dari program EXIST (ESG Existence for Sustainability by Telkom Indonesia) yang telah diresmikan sebelumnya oleh perusahaan.
Tahun ini menandai penyelenggaraan keempat kompetisi Innovillage, yang mengusung tema “Empowering Young Sociopreneur for National Development”. Telkom mengajak mahasiswa untuk mengembangkan ide-ide kreatif, mengasah keterampilan inovatif, dan mewujudkan potensi mereka dalam menciptakan solusi yang berdampak positif bagi masyarakat. Pendaftaran untuk kompetisi ini dibuka pada periode 16-25 November 2023.
Para peserta dapat mendaftar melalui platform online MyInnovillage di my.innovillage.id. Mereka harus mengisi formulir pendaftaran dan memilih skema yang sesuai: ‘Skema Peningkatan Dampak Sosial berbasis SDGs’ bagi peserta baru atau ‘Skema Sustainability’ bagi peserta Innovillage periode tahun 2020-2022. Selanjutnya, peserta akan melewati tahapan penilaian, dan proyek-proyek terpilih dalam kategori ‘Top 200 Social Project Skema Peningkatan Dampak Sosial berbasis SDGs’ dan ‘Social Project Skema Sustainability’ akan menerima Dana Implementasi dari Telkom Indonesia.
Hery Susanto, SGM Community Development Center Telkom, menyatakan harapannya agar mahasiswa dapat berpartisipasi aktif dalam program ini. “Kami berharap para mahasiswa dapat ikut serta dalam mengasah kepekaan mereka sebagai generasi penerus, menganalisis permasalahan lingkungan sekitar, dan berani memberikan solusi. Kami berharap bahwa proyek-proyek sosial yang dihasilkan akan menjadi bukti nyata partisipasi aktif anak muda Indonesia dalam membangun daerahnya,” tutup Susanto.
Kompetisi Innovillage ini tidak hanya berperan dalam pembangunan nasional, tetapi juga memberikan peluang bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam konteks nyata, sekaligus berkontribusi pada pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals – SDGs).
Ahmad, seorang ikonik yang sangat menyukai industri Game dan Kendaraan Listrik, bercita-cita ingin menjadi pakar teknologi untuk platform Android, iOS, dan Windows. Bermula dari ketertarikannya pada game sejak kecil, ia mendedikasikan dirinya untuk memahami dan mengembangkan teknologi game. Kecintaannya pada game bukan hanya terbatas pada aspek teknis, tetapi juga dalam mengulas gameplay, yang ia lakukan dengan penuh gairah dan ketelitian.