Telko  

Kementerian BUMN Perkuat Kesehatan Mental Karyawan Melalui Acara “1000 Manusia Bercerita” di Bandung

1000 manusia bercerita

Bandung – Kementerian BUMN terus menunjukkan komitmennya terhadap kesehatan mental karyawan BUMN di seluruh Indonesia. Melalui acara “1000 Manusia Bercerita” yang digelar di Cikole Jayagiri Resort, Bandung, pada Jumat (19/7), kementerian ini mengajak 312 karyawan milenial dan influencer BUMN wilayah Jawa Barat untuk memahami dan mengelola emosi diri dalam rangka meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan mental.

Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya Sinulingga, menyampaikan bahwa kesehatan mental menjadi prioritas di tengah perubahan korporasi dan perkembangan teknologi digital yang pesat dan penuh tekanan. “Perubahan di korporasi dan perkembangan teknologi digital menambah tekanan bagi karyawan. Penting bagi mereka untuk tahu cara melepaskan emosi dan mengekspresikan diri agar mampu menghadapi tekanan tersebut. Menteri Erick Thohir melihat pentingnya hal ini dan memulai gerakan untuk membicarakan kesehatan mental karyawan BUMN, tidak hanya kinerja atau keuangan,” jelas Arya.

Acara ini merupakan inisiatif advokasi kesehatan mental, memberikan ruang aman dan nyaman bagi karyawan BUMN untuk berbagi cerita. Di edisi Jawa Barat, kegiatan ini mencakup sesi meditasi yang dipandu oleh Praktisi Mindfulness Putra Wiramuda, talkshow dengan Psikolog Novy Yulianty, BUMN Runners Iwa Kustiyawan, Aktris Ariel Tatum, dan Putri Indonesia Pariwisata 2022 Adinda Cresheilla. Selain itu, ada sesi interactive talks dengan Psikolog Aisya Yuhanida Noor, konsultasi tatap muka, dan ditutup dengan pengalaman five sense experience.

Inisiatif ini sejalan dengan janji Menteri BUMN Erick Thohir terkait peningkatan kualitas hidup karyawan BUMN, didukung oleh kebijakan Employee Wellbeing Policy (EWP) yang diresmikan sebelumnya. EWP memberikan pedoman bagi BUMN untuk memperhatikan aspek kehidupan karyawan, termasuk kesehatan mental.

“Kami mendukung kebutuhan kesehatan mental karyawan dengan menyediakan Ruang Tenang, tempat meditasi, konsultasi di kementerian, dan hotline bagi karyawan yang membutuhkan bantuan. Ini akan meningkatkan kinerja perusahaan, memperlakukan karyawan sebagai manusia, bukan hanya angka,” tegas Arya.

“1000 Manusia Bercerita” di Jawa Barat adalah bagian dari rangkaian roadshow yang telah menjangkau ribuan karyawan milenial BUMN. Jawa Barat menjadi lokasi ketujuh berkat kolaborasi antara Kementerian BUMN dengan platform Menjadi Manusia, serta dukungan dari Telkom Indonesia, Pertamina, KAI, Biofarma, dan Pos Indonesia. Ke depan, kegiatan ini akan menjangkau kota dan provinsi lain untuk meningkatkan literasi serta praktik kesehatan mental di Indonesia, sehingga masyarakat bisa hidup lebih sehat dan sejahtera.

Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan Update Terbaru Langsung! OK No thanks